Selasa, 06 Desember 2011

KISTA INDUNG TELUR (OVARIAN CYSTS)

Ada dua hal yang harus dipahami untuk memahami penyakit ini. Pertama, memahami indung telur, dan kedua kista.
Indung telur dimiliki tiap wanita, jumlahnya ada 2 di sebalah kanan dan kiri. Besarnya, sebesar biji kenari. Indung telur berisi ribuan telur yang masih muda. Tiap bulan telur muda itu kemudian membesar dan matang. Saat pembuahan (ovulasi), telur yang matang ini keluar melaui saluran terlur menuju ke rahim.
Apabila sel telur yang matang ini tidak dibuahi, telur yang muda tadi akan mengecil dan menghilang dalam waktu 2-3 minggu dan akan terus berulang sesuai siklus haid seorang wanita. Jika terdapat gangguan proses siklus tersebut maka akan terjadi apa yang dinamakan kista. Jadi, kista bukan semacam kanker.
Definisi Indung Telur (Ovary) dan Kista-Kista Indung Telur (Ovarian Cysts)
Indung telur (ovary) adalah satu dari suatu pasang dari kelenjar-kelenjar reproduksi pada wanita-wanita yang berlokasi dalam pelvis, satu pada setiap sisi dari kandungan atau rahim (uterus). Setiap indung telur adalah kira-kira seukuran dan berbentuk suatu almond. Indung-indung telur menghasilkan telur-telur (ova) dan hormon-hormon wanita. Indung-indung telur adalah sumber utama dari hormon-hormon wanita, yang mengontrol perkembangan dari karakteristik-karakteristik tubuh wanita, seperti payudara-payudara, bentuk tubuh, dan rambut tubuh. Mereka juga mengatur siklus menstrual dan kehamilan. Kista-kista indung telur (Ovarian cysts) adalah struktur-struktur seperti kantong yang tertutup didalam suatu indung telur (ovary) yang mengandung suatu senyawa cairan, berupa gas, atau setengah padat.
Penyebab-Penyebab Kista-Kista Indung Telur (Ovarian Cysts) Ovarian cysts (kista-kista indung telur) terbentuk untuk banyak sebab-sebab. Tipe yang paling umum adalah suatu follicular cyst, yang berakibat dari pertumbuhan suatu follicle. Suatu follicle adalah kantong yang normal diisi cairan yang mengandung sebuah telur. Follicular cysts terbentuk ketika follicle tumbuh lebih besar dari normal sewaktu siklus menstrual dan tidak membuka untuk melepaskan telur. Biasanya, follicular cysts hilang (pecah) secara spontan melalui perjalanan waktu dari berhari-hari sampai berbulan-bulan. Cysts (kista-kista) dapat mengandung darah (hemorrhagic cysts) dari luka atau kebocoran dari pembuluh-pembuluh darah kecil kedalam kantong telur.
Tipe yang lain dari ovarian cyst yang dihubungkan dengan siklus menstrual adalah suatu corpus luteum cyst. Corpus luteum adalah suatu area dari jaringan didalam ovary (indung telur) yang terjadi setelah sebuah telur telah dilepaskan dari sebuah follicle. Jika suatu kehamilan tidak terjadi, corpus luteum biasanya pecah dan menghilang. Ia mungkin, bagaimanapun, mengisi dengan cairan atau darah dan menetap pada ovary. Biasanya, kista (cyst) ini ditemukan hanya pada satu sisi dan tidak menghasilkan gejala-gejala.
Adakalanya, jaringan-jaringan dari ovary berkembang secara abnormal untuk membentuk jaringan-jaringan tubuh lain seperti rambut atau gigi-gigi. Cysts (kista-kista) dengan jaringan-jaringan abnormal ini disebut benign cystic teratomas atau dermoid cysts.
Endometriosis adalah suatu kondisi dimana sel-sel yang secara normal tumbuh didalam kandungan (womb), malahan tumbuh diluar kandungan (uterus). Ketika endometriosis melibatkan ovary, area dari jaringan endometrial mungkin tumbuh dan berdarah melaui waktu, membentuk suatu area kista yang berwarna coklat adakalanya dirujuk sebagai suatu chocolate cyst atau endometrioma.
Keduanya tumor-tumor yang jinak dan ganas dari ovary mungkin juga mengandung kista-kista (cysts). Lebih jauh, kondisi yang dikenal sebagai polycystic ovarian syndrome dikarakteristikan oleh kehadiran dari banyaknya kista-kista didalam kedua indung telur (ovaries).

Materialnya berupa cairan atau setengah cair. Kista ini akan menyebabkan kesakitan jika terpuntir, atau pecah. Jika tidak terpuntir atau pecah, kista ini tidak menimbulkan gejala apapun. Namun bila pecah, penderita biasanya akan mengalami sakit pada perut saat haid.

Kista pada umumnya tidak akan menjadi ganas, namun tetap harus diwaspadai kemungkinannya berubahi ganas. Biasanya kista ini akan sembuh dengan sendirinya dalam 60 hari.
 Kista adalah tumor jinak di organ reproduksi perempuan yang paling sering ditemui. Bentuknya kistik, berisi cairan kental, dan ada pula yang berbentuk anggur. Kista juga ada yang berisi udara, cairan, nanah, ataupun bahan-bahan lainnya. Kista termasuk tumor jinak yang terbungkus selaput semacam jaringan. Kumpulan sel-sel tumor itu terpisah dengan jaringan normal di sekitarnya dan tidak dapat menyebar ke bagian tubuh lain. Itulah sebabnya tumor jinak relatif mudah diangkat dengan jalan pembedahan, dan tidak membahayakan kesehatan penderitanya.

Berdasarkan tingkat keganasannya, kista terbagi dua, yaitu non-neoplastik dan neoplastik. Kista non-neoplastik sifatnya jinak dan biasanya akan mengempis sendiri setelah 2 hingga 3 bulan. Sementara kista neoplastik umumnya harus dioperasi, namun hal itu pun tergantung pada ukuran dan sifatnya. Selain pada ovarium kista juga dapat tumbuh di vagina dan di daerah vulva (bagian luar alat kelamin perempuan). Kista yang tumbuh di daerah vagina, antara lain inklusi, duktus gartner, endometriosis, dan adenosis. Sedangkan kista yang tumbuh di daerah vulva, antara lain pada kelenjar bartholini, kelenjar sebasea serta inklusi epidermal.

Faktor pemicu kista saat ini banyak sekali, di antaranya pencemaran udara akibat debu dan asap pembakaran kendaraan atau pabrik. Asap kendaraan, misalnya, mengandung dioksin yang dapat memperlemah daya tahan tubuh, termasuk daya tahan seluruh selnya. Kondisi ini merupakan pemicu munculnya kista.

Kalau dalam satu keluarga ada kerabat dekat, seperti adik ibu, yang mengidap miom, atau adiknya menderita endometriosis maka gampang ditebak bahwa yang bersangkutan punya bakat kista endometriosis. Makanan yang mengandung lemak tinggi pun bisa menjadi zat penyubur tumbuhnya kista. “Itu terjadi karena adanya zat-zat lemak dalam makanan tersebut yang tidak dipecah dalam proses metabolisme tubuh sehingga menaikkan produksi hormon testosteron.”

1 komentar:

  1. Saya sering sakit di perut bagian bawa,sudah hampir 4 tahun ini.tapi sudah berapa ahli kandungan yang memeriksa katanya tidak apa apa.

    BalasHapus